Kelapa Membuatku Gila

Jika komunitas kesehatan modern memiliki lambang, saya tidak melihat bagaimana itu bisa menjadi apa pun selain kelapa. Mungkin ada banyak pendapat yang berbeda tentang sebagian besar hal lain di dunia kesehatan, tetapi ada satu hal yang tampaknya mereka setujui adalah kesucian kelapa. Tampaknya kelapa adalah alternatif sehat untuk apa pun yang dapat Anda bayangkan. Masukkan ke dalam kopi Anda, gunakan sebagai pengganti mentega, gunakan sebagai ganti tabir surya dan lotion, buat permen dari dalamnya, buat deodoran dari itu, buat pasta gigi dari dalamnya. Bahkan bisa berupa penghilang noda atau penghilang label. Jika Anda ingin membeli produk kecantikan atau kebersihan "bersih", kemungkinan Anda juga akan menemukan kelapa di sana. Ada dalam pasta gigi, sampo, sabun, dan maskara.

Kelapa ada di mana-mana Ini mungkin tampak seperti pergantian peristiwa yang baik. Kelapa adalah bahan alami yang bagus, sangat dekat dengan bentuk aslinya. Mengapa kita tidak menginginkannya dalam hidup kita?

Ada saat ketika saya makan kelapa setiap hari, beberapa kali sehari. Saya menyebarkannya pada roti pisang saya (bebas gula, bebas gluten), mencampurkannya ke dalam oatmeal saya, dan menuangkannya ke smoothie saya. Dan kemudian hidupku berantakan . Hari-hari saya diperintah oleh kelelahan yang luar biasa dan saya memohon jawaban kepada dokter saya. Ketika mereka mengecewakan saya, saya mendapati diri saya di depan seorang dokter naturopati, yang menyarankan diet eliminasi. Selama lebih dari sebulan, saya menghilangkan semua alergen utama dari makanan saya: susu, kacang-kacangan, kedelai, jagung, gluten, dan telur. Pada menit terakhir, saya memutuskan untuk menambahkan kelapa ke daftar juga. Makanan saya sudah sangat terbatas; apa satu hal lagi?

Kelapa Membuatku Gila

Ketika tiba saatnya untuk memperkenalkan kembali makanan yang berpotensi menimbulkan alergi, saya memutuskan untuk memulai dengan kelapa, dan menganggap itu adalah penyebab yang paling tidak mungkin. Jadi pada hari yang indah di bulan Agustus, saya makan setengah bungkus mentega kelapa, lalu setengah dari isi yoghurt kelapa. (Setengah lainnya dari keduanya pergi ke pacar saya, sekarang suami.) Dalam empat puluh lima menit saya berada di pergolakan yang paling nyata mengubah serangan panik yang saya alami sampai saat itu.

Entah dari mana, saya merasa perlu untuk melarikan diri, untuk bergerak cepat, untuk melarikan diri. Dari apa, saya tidak tahu; mungkin dari diriku sendiri. Aku menghantam pedal gas dengan keras ketika aku menyusuri jalan belakang di Subaru lamaku yang malang, mencapai tujuh puluh di zona tiga puluh lima MPH. (Syukurlah, saya tahu jalan-jalan ini dengan sangat baik.) Dorongan untuk cepat-cepat menirukan detak jantung saya. Tusukan kecil rasionalitas datang dan membuat saya mengerti naluri ini aneh. Jadi ketika kami sampai di rumah, saya malah mengunci diri di kamar mandi. Aku meringkuk di bola di samping tempat sampah, membeku. Apa yang terasa seperti dua puluh menit bagi saya sebenarnya adalah dua jam. Segala sesuatu terasa seperti itu adalah yang terburuk yang pernah terjadi dan tidak akan pernah ada yang lebih baik. Seolah-olah aku turun ke tengah-tengah periode depresi yang panjang dan gelap dalam hitungan menit. Saya tidak bisa mengkonfigurasi pikiran yang koheren di kepala saya, tidak apa-apa mencoba berbicara dengan keras. Untuk pertama kalinya, saya berpikir tentang melukai diri dan bunuh diri. Saya melihat keluar jendela kamar mandi dan bertanya-tanya seperti apa rasanya jatuh dari ketinggian itu.

Pada titik tertentu, saya merangkak keluar dari kamar mandi dan masuk ke pelukan pacar saya.

"Serangan kelapa" atau "Monster Kelapa," seperti kami menyebutnya, menjadi normal baru. Karena, Anda tahu, kelapa ada di mana - mana . Saya bisa memotong minyak kelapa dan susu, tetapi ia menggunakan nama lain. Cocamide, Cocamidopropyl Betaine, Laureth-3, Lauramide DEA, Lauryl Glucoside, Sodium Lauryl Sulfate, dll. Semua ini - dan banyak lagi - adalah turunan kelapa. Mereka mengganggu saya sama seperti real deal, mungkin lebih dari itu. Mereka ada di sebagian besar sampo, pasta gigi, sabun, lotion, dan deterjen. Lalu ada telapak tangan, sepupu kelapa, dan itu sama tidak baiknya bagi saya. Dengan coba-coba, selama bertahun-tahun, saya menemukan semua musuh yang tersembunyi.

Pertama, saya merasa sangat sulit untuk mengadakan pembicaraan. Menyatukan kata-kata untuk membuat kalimat menjadi menyakitkan; Bahasa kacau untuk saya. Sekitar saat ini memegang kontak mata juga menjadi sulit. Segera, kemarahan menyusul. Saya menjadi sangat kesal pada hampir semua hal, atau - paling-paling - saya hanya sangat negatif. Saya melihat ancaman di setiap sudut. Kemudian jantung berdebar mulai, mengilhami sensasi "lari atau berkelahi". Saya kehilangan nafsu makan. Tubuh saya berhenti mengatur suhu dengan benar dan saya kedinginan atau panas secara tidak logis. Di puncak serangan, saya mulai mengatakan hal-hal dan melakukan hal-hal yang saya rasa tidak memiliki kendali. Dan itu tidak pernah hal-hal baik.

Sebagai referensi, saya biasanya pendiam, agak pemalu. Saya telah diolok-olok karena betapa tenangnya saya. Jika saya dirampok, saya mungkin akan meminta maaf kepada perampok saya.

Tetapi selama serangan kelapa selama empat tahun terakhir, saya telah melemparkan barang-barang rumah tangga yang tak terhitung jumlahnya, merusak barang-barang (kebanyakan tidak penting), memukul tangan saya dengan keras pada pintu mobil sehingga memar selama berbulan-bulan, berteriak, menjerit, mengutuk diri sendiri, memukul diri sendiri, melukai diriku sendiri. Selama serangan yang sangat buruk (saya tidak sengaja makan kelapa, lurus ke atas), saya pingsan dan membenturkan kepala saya ke lantai kayu yang dingin di apartemen saya.

Biasanya serangan berakhir dengan saya, bergoyang di sudut, suami saya berjongkok di samping saya. Menangis menjadi peristiwa alam berikutnya. Baik karena frustrasi atau kesedihan yang tak berdasar, saya akan mulai menangis. Isak tangis yang dalam menghasilkan lemak, air mata deras.

Dan kemudian sesuatu yang aneh terjadi. Saya dan suami saya menyadari bahwa tangisan itu bukan hanya perkembangan alami, tetapi juga menghilangkan semua sensasi serangan kelapa. Saya merasa pusing dan terguncang, tetapi mampu berpikir jernih dan berfungsi secara normal.

Ketika menjadi jelas saya sudah memiliki kelapa - semua gejala ada dan kita dapat melacak hal-hal kembali untuk menemukan bahwa saya telah mengkonsumsi beberapa - kami bekerja sama untuk membuat saya menangis. Kadang-kadang saya bisa melakukannya sendiri, tetapi sering kali saya membutuhkannya untuk membicarakannya. Pada saat ini, kami memiliki beberapa metode yang sudah terbukti benar. Aku terisak, aku menguap dalam-dalam, dan kemudian dalam sepersekian detik tabir gelap serangan kelapa diangkat. Semuanya kembali ke garis dasar Ini bekerja, tetapi tidak pernah membuatnya kurang membingungkan.

Dokter pertama yang saya laporkan tidak memiliki cara untuk menjelaskannya dan tidak tertarik untuk berhipotesis. Alih-alih mencoba mencari akar penyebab masalah aneh ini, dia ingin saya mengonsumsi antidepresan dosis tinggi dan mengabaikan masalah kelapa.

Jadi saya terus berjalan, tanpa bantuan medis atau dukungan. Suami saya dan saya telah menemukan anomali medis ini, melakukan penelitian kami sendiri, menemukan perawatan kami sendiri, meminta dokter untuk tes darah dengan alasan lain. Ketika serangan kelapa terjadi, saya / kita mengatasinya satu-satunya cara kita tahu caranya.

Penjelasan terbaik yang saya miliki tentang mengapa hal ini terjadi pada saya adalah bahwa kelapa menghasilkan kasus hipertiroidisme mini (saya memiliki riwayat keluarga masalah tiroid yang lumayan). Dengan kata lain, itu meningkatkan fungsi tiroid saya. Tiroid adalah kelenjar endokrin berbentuk kupu-kupu di leher Anda yang mengontrol banyak fungsi hormonal di tubuh Anda. Yakni, metabolisme dan sintesis protein Anda. Hormon tiroid dibuat oleh yodium dan tirosin, asam amino. Hipertiroidisme terjadi ketika kelenjar memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang berlebihan, karenanya revving.

Saya bukan seorang dokter atau bahkan seorang mahasiswa kedokteran, tetapi di sini adalah penjelasan yang saya harus pecahkan bersama untuk diri saya sendiri.

Sebagai permulaan, kelapa sangat tinggi yodium. Dalam bentuk non-perawan (sebagai mahasiswa miskin saya tidak punya uang untuk membeli produk kelapa murni) juga meningkatkan kadar lemak darah dalam tubuh. Minyak lemak tinggi cenderung melakukan ini. Lipid darah yang meningkat menciptakan penyerapan vitamin D yang lebih besar. Peningkatan kadar vitamin D dalam darah menyebabkan peningkatan kadar kalsium yang dapat menyebabkan detak jantung yang tidak teratur dan / atau mempercepat detak jantung. (Jika Anda ingin membaca lebih lanjut tentang itu, kunjungi artikel ini .) Lebih lanjut, gejala hipertiroidisme termasuk gugup, mudah marah, jantung berdebar, gemetar tangan, dan kecemasan.

Tiroid saya telah diuji dan, saat ini, semuanya tampak dalam keadaan baik. Namun, saya belum pernah diuji selama serangan kelapa. Jadi saya harus mengira bahwa saya hanya anomali aneh.

Saya menemukan utas seperti ini , di mana orang berbicara tentang makan kelapa dan mengalami serangan kecemasan yang mengejutkan mirip dengan saya. Orang-orang menggambarkan jantung mereka berdebar-debar, gelisah, & susah tidur, semua timbul setelah mereka makan atau bersentuhan dengan kelapa. Ini benang reddit mirip. The New York Times juga baru-baru ini menerbitkan sebuah artikel yang menyebut manfaat kelapa dipertanyakan.

Pada kunjungan pertama saya dengan dokter baru, saya dengan hati-hati menjelaskan serangan kelapa saya. Meskipun saya tahu cara mengelolanya - hindari kelapa dan kelapa sawit, menangis ketika konsumsi yang tidak disengaja terjadi - saya terus-menerus khawatir tentang efek jangka panjang. Jika kita tidak tahu apa penyebabnya, kita tidak tahu kerusakan permanen apa yang akan terjadi.

Ketika saya selesai dengan penjelasan saya, saya menahan nafas untuk ketidakpercayaan yang saya kira akan mengikuti. Tetapi segera dokter itu mengangguk dan berkata, "Itu masuk akal." Teori perubahan saya tentang kelapa untuk sementara mengubah fungsi tiroid saya sepertinya terdengar baginya. Namun, selain menguji tiroid saya, dia tidak bisa merekomendasikan solusi lain. Ada sejumlah penelitian mengejutkan yang telah dilakukan tentang penyakit tiroid dan autoimun; tindakan yang disukai adalah memancarkannya atau mengeluarkannya jika mulai menimbulkan masalah. Data yang dibutuhkan dokter saya untuk membantu saya sama sekali tidak ada.

Jadi untuk saat ini, saya berjinjit di kelapa, selalu menemukannya bersembunyi di bayang-bayang sabun tangan atau campuran minyak goreng. Kegilaan saat ini terhadap kelapa membuatnya semakin sulit. Ini adalah alternatif "sehat", jadi ada di mana-mana.

Tetapi jika ada satu hal yang ditunjukkan oleh komunitas kesehatan yang beragam kepada kita, itu adalah - terlepas dari apa yang diklaim sebagian dari mereka - tidak ada Satu Jalan Sejati menuju kesehatan bagi semua orang. Sesuatu yang baik untuk satu orang mungkin tidak baik untuk orang lain.

Share
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

LATEST ARTICLES